Sabtu, 11 Oktober 2014

bukit berlubang di 50 kota



Bukik Posuak, fenomena  Batu Berlubang di atas Bukit

(budparpora.limapuluhkota.go.id)

Bukik Posuak (Bukit Tembus,red) terletak di Nagari 1000 Menhir Mahek Kecamatan Bukit Barisan. Negeri Mahek juga dianggap sebagai salah satu negeri tertua di Kabupaten 50 kota.
 Menurut legenda, fenomena batu berlubang di pucak bukit ini terjadi akibat ulah seorang sakti bernama Baginda Ali. Orangnya bertubuh besar, bertenaga besar dan bersifat pemurah hati, sosok beliau digambarkan sebagai seorang raksasa yang menguasai seantero Nagari Mahek hingga ke Kecamatan Pangkalan sana. Karena kekuasaannya maka segala tindak tanduk anak negeri harus mendapat izin darinya, hingga suatu hari ada orang yang berburu Rusa di wilayah kekuasaannya tanpa seizin Baginda Ali.
Setelah Rusa ditangkap,pahanya disediakan kepada tokoh ini. Tapi, beliau tidak menerima bahkan tersinggung akan tindakan yang dilakukan oleh orang ini. Baginda Ali murka dan melemparkan paha rusa itu dengan sekuat tenaga kearah sebuah bukit dan mengenai sebuah batu yang ada di puncak bukit tersebut hingga berlubang dan tembus hingga ke sisi sebelahnya. Batu yang tembus di puncak bukit itulah yang disebut Bukik Posuak.
Selain fenomena bukit berlubang ini, pemandangan di sekitar kawasan ini juga menakjubkan sehingga menjadi sebuah tempat yang harus dikunjungi oleh wisatawan walaupun bukit ini kurang diketahui oleh khalayak.
Untuk menuju kesana tidak terlalu jauh, sekitar 20 km dari kota payakumbuh dengan kondisi jalan yang lumayan. Hanya saja akses menuju celah batu berlubang ini agak sulit sehingga sebaiknya wisatawan memakai jasa Guide lokal dan juga disarankan agar memakai kendaraan pribadi karena transportasi umum agak susah untuk menuju ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar