Selasa, 25 November 2014

koto gadang



Kerajinan Perak Koto Gadang

Koto Gadang merupakan sebuah kenagarian ( desa ) di Kabupaten Agam yang telah melahirkan banyak tokoh-tokoh Nasional, mulai dari politikus, ilmuwan hingga sastrawan. Selain itu, Koto Gadang juga terkenal akan kerajinan perak dan songket minang.
Bahkan, sejak zaman penjajahan Belanda, kerajinan tersebut sudah berkembang sedemikian pesat. Ketika itu, hasil kerajinan sering dibeli oleh istri pejabat Belanda yang bertugas di Bukittnggi. Para istri tersebut membeli kerajinan untuk dipakai dan bahkan ada juga yang dibawa ke negeri mereka sebagai cendera mata. Sehingga tak heran, jika Koto Gadang menjadi pusat seni dan kerajinan.
Karena sering dipesan oleh Belanda, lama-kelamaan reputasi kerajinan perak hingga jian terkenal, sejak tahun 1911 Masehi, nama Koto Gadang telah mendunia hingga ke Eropa sana. Kerajinan ini memiliki ciri khas tersendiri, jika dilihat dari dekat, penampilan perak ini tidak cukup berkilau. Namun, memiliki kesan halus dengan warna mirip susu. Kesan keseluruhannya anggun tapi di mencolok. Karena kekhasan pembuatannya, kerajinan perak ini cocok jika dipadukan dengan songket yang juga terkenal akan kehalusan desainnya.
Sifat halus dan elegannya kerajinan perak ini, termasuk yang memikat pembeli dari Eropa, saat ini kerajinan perak Koto Gadang masih terus dikejar oleh wisatawan dan kolektor. Tentunya hal ini, menjadi aset berharga daerah yang mesti dijaga dan diperhatikan oleh pemerintah agar pengunjung tetap berdatangan.
Untuk mencapai lokasi, para wisatawan hanya dapat menumpuh perjalanan darat. Baik itu dengan kendaraan priabadi maupun angkot. Berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Padang menuju Bukittinggi. Setelah sampai di Bukittinggi, perjalananan bisa dilanjutkan dengan memakai angkutan pedesaan bagi wisatawan yang ingin mencoba kendaraan umum. Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja. Tapi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, lebih efisien tentunya.
Soal akomodasi tak perlu khawatir,  letak Nagari Koto Gadang yang persis dekat Bukittinggi tentunya bisa dimanfaatkan oleh wisatawan jika ingin menginap di hotel.
Selain soal kerajinannya yang sudah melegenda, alam dari Koto Gadang juga mat memikat. Hamparan sawah hijau akan memanjakan mata kita, sehingga menambah daya tarik untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar