Jumat, 05 Desember 2014

rumah godang sungai baringin



Indahnya Rumah Godang Sungai Baringin



Rumah Sungai Baringin adalah sebuah rumah adat khas Minangkabau yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Rumah dengan kelarasan Koto Piliang ini, tampak dari anjungan yang menjadi ciri khas rumah gadang Koto Piliang, menjadi daya tarik wisata Kecamatan Payakumbuh.
Bangunan ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Joop Ave pada tanggal 9 Januari 1994. Meski baru berusia 20 tahun, tapi jangan ditanya tentang keindahannya. Rumah Gadang ini merupakan salah satu objek wisata yang mempuyai komplek mini perkampungan tradisional Minangkabau.
Banyak sekali wisatawan yang datang kesini, meski hanya sekedar berfoto-foto atau untuk melihat kemegahan arsitektur bangunan yang amat terawat dengan baik ini.
Halamannya tertata dengan apik dan bersih, dihiasi dengan tanaman-tanaman indah yang tumbuh subur di sekelilingnya.

Wisatawan pasti akan betah berlama-lama di sini, lokasinya yang sejuk dan terletak di pesawahan membuat kita akan enggan meninggalkan tempat ini.
Keunikan dari Rumah Gadang ini adalah keberadaan 9 buah tiang utama penyangga. Tiang ini menunjukkan bahwa di dalam Rumah Gadang mempunyai 9 buah ruangan.
Ada banyak ruangan di sini, seperti ruang penyimpanan alat rumah tangga, pelaminan, aula, kamar tidur dan berbagai ruangan lain khas Minangkabau tempo dahulu.selain itu, Rumah Gadang ini juga punya dua buah Rangkiang nan cantik di kiri – kanannya.
Rumah Gadang ini terletak di Nagari Sungai Baringin, Payakumbuh. Untuk menuju ke lokasi, kita bisa menepuh perjalanan darat dengan kendaraan pribadi maupun umum.
Untuk memasuki lokasi, kita hanya perlu membayar sebesar Rp,4000 saja. Tak perlu khawatir untuk parkir, kompleks Rumah Gadang ini punya halaman parkir yang luas.
Bagi wisatawan yang berkunjung ke Payakumbuh, sempatkanlah untuk singgah ke Rumah Gadang kebanggaan Kabupaten 50 Kota ini.(021/LW)


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar