Senin, 02 Februari 2015

batipuah,,,negeri elok tempatnya rumah gadang baanjuang



Keelokan Rumah Gadang
Batipuah Selatan

rumah gadang baanjuang enam
Melihat keelokan Rumah Gadang yang berbagai bentuk itu, Kita pastinya teringat akan sebuah film paling fenomenal yang ada di Ranah Minang, yaitu Sengsara Membawa Nikmat. Di lokasi inilah salah satu sekuel film legendaris itu diambil.
Tepatnya di Jorong Nagari, Kanagarian Sumpu, Kecamatan Batipuah Selatan, Sumatera Barat. Disini terdapat deretan Rumah Gadang cantik dan menawan berbaris menyambut pengunjung. Suasana di sini amatlah hening, hembusan angin dari Danau Singkarak kian menambah sepi suasana.
Tercatat, ada sekitar 20 buah Rumah Gadang disini, baik dengan kondisi terawat maupun tidak dan ada yang masih dihuni, ada pula yang telah ditinggalkan penghuninya. Bagi Rumah Gadang yang tidak terawat, tentu membutuhkan biaya yang amat besar deni mengkonversinya.
meski tidak dihuni, namun tetap eksotis
Barisan Rumah Gadang yang telah berusia ratusan tahun ini, beberapa ada dengan kondisi amat baik. Karena itu, tak jarang banyak turis lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke tempat tersembunyi ini.
Umumnya, Rumah Gadang di Ranah Minang mempunyai Gonjong (atap melengkung) sebanyak empat buah. Namun di Sumpu, Rumah Gadang ini punya enam gonjong, karena itu disebut dengan Rumah Gadang Baanjuang.

Pada bulan Mei tahun 2013, koleksi Rumah Baanjuang di Batipuah ini, terbakar dengan hebat. Sehingga menghanguskan lima buah rumah raksasa ini. Namun atas kerja sama dengan beberapa pihak, beberapa rumah itu sudah berhasil dibangun dengan megah. Meski demikian, hal ini tidak mengurangi nilai-nilai tersendiri dari tempat ini.
rumah ini telah dibangun kembali pasca terbakat tahun 2013 silam

Menjelajahi keeksotisan Nagari Sumpu dengan Rumah Baanjuangnya, memang merupakan sebuah hal yang wajib dicoba bagi mereka yang mengaku mencintai adat istiadat Minangkabau.
Negeri ini amatlah elok, berjalan menyusuri Nagari Sumpu ini akan membuat kita serasa pada zaman Paderi, rimbunnya pepohonan Sawo di sekitar, tak mampu menyembunyikan keelokan Nagari penuh kenangan ini.

Untuk menuju lokasi, sangatlah mudah. Dapat ditempuh dengan perjalananan darat dari arah Padang-Panjang menuju Solok. Sebelum memasuki areal Danau Singkarak, berbeloklah kearah kanan. Hanya sekitar 5 menit, Kita akan disambut dengan pemangan yang akan membuat kita terpana. Tapi karena tidak ada papan petunjuk jalan yang memadai, sebaiknya ketika hampir memasuki areal Danau Singkarak, tanyalah kepada orang-orang sekitar mengenai dimana lokasi Rumah Gadang Baanjuang ini, yang pada zaman dahulunya pernah menjadi saksi akan kekejaman Perang Paderi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar