Kamis, 05 Maret 2015

pdikm padang panjang



PDIKM Padang Panjang
kecantikan PDIKM
Pusat Dokumentasi dan Informasi kebudayaan Minangkabau (PDIKM) merupakan sebuah bangunan berbentuk rumah gadang bergonjong enam dengan empat rangkiang cantik berbaris di depannya. Rumah gadang ini didirikan oleh prakarsa dari A.Hamid dan Bustanul Arifin.
Pembangunan PDIKM ini dimulai tahun 8-8-88, dan diresmikan tahun 1990, oleh Gubernur Sumatera Barat kala itu, Hasan Basri Durin. Rumah gadang ini amatlah cantik dengan lingkungan asri tertata rapi. Lingkungannya amatlah hijau dengan latar belakng perbukitan, belum lagi hawa di sini amatlah sejuk, sehingga wisatawan akan dipastikan terpukau.
koleksi bagian dalam PDIKM
Rumah ini memiliki koleksi buku dan foto-foto yang tersusun baik, ruang bacanya berisi tentang bergam info kekayaan kebudayaan Minangkabau. Lampu-lampu kuno pun tergantung dengan apik, lantainya amat enak untuk dipijak sehingga amat membuat kerasan.
bagian dalam
Di ujung kiri dan kanan ruangan terdapat bagian yang lebih tinggi dari lantai dengan beberapa anak tangga. Bagian tersebut dinamakan anjuang, itu sebabnya rumah gadang tipe ini pun disebut sebagai rumah baanjuang.
Kamar yang berjumlah sembilan digunakan seperti ruang pamer yang menyimpan dan memajang bermacam koleksi perpustakaan antara lain berbagai koleksi foto, ada yang merupakan foto hasil repro, ada juga yang orisinil. Di ruang ini kita dapat menemukan beberapa foto mengenai rumah gadang dari dua kelarasan, yaitu laras Bodi Chaniago dan laras Koto Piliang yang merupakan foto produksi ulang yang dilakukan pada tahun 2008.
tampak samping
Setelah puas menikmati koleksi di ruang atas , senaiknya kunjungi juga ruang bawah  yang menyimpan aneka macam koleksi baju pengantin lengkap dengan aksesorisnya. Pengunjung bisa mengenakan koleksi baju pengantin yang tersedia untuk keperluan berfoto. Ini memang tempat yang harus dikunjungi.
Rangkian
Jika tertarik, PDIKM amatlah mudah dijumpai, lokasinya terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Padang Panjang. Tepatnya di pintu masuk sebelum memasuki Minang Fantasi (Mifan), selain itu, disamping PDIKM juga terletak Kantor Dinas Pariwisata Padang Panjang.
pengunjung berfoto dengan pakaian adat
taman cantik PDIKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar